Artikel Baru

Mengenal Jenis-jenis Media Sosial

Mengenal Jenis-jenis Media Sosial

Pada dasarnya media sosial merupakan situs yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten, berpartisipasi dalam bentuk mengomentari dan menyebarkan berbagai konten yang ada. Jika ditanya apa saja jenis media sosial yang kamu ketahui, pasti kamu dengan cepat dapat menjawabnya dengan menyebutkan Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Jenis-jenis media sosial berdasarkan desain dan fungsinya dibedakan menjadi beberapa jenis. 

1. Relationship Networks

Relationship networks adalah salah satu fase awal sosial media yang diluncurkan ke publik Biasanya dengan fitur halaman profil, yang berisi foto, biodata dan informasi tambahan lain mengenai pengguna.

2. Media Sharing Networks

Sosial media ini ditentukan oleh jenis media yang dibagikan antara penggunanya. Seperti aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, yang memiliki kemampuan berbagi video, gambar, dan teks.

3. Online Reviews

Media sosial yang digunakan untuk menilai atau review sebuah produk, baik itu positif atau negatif akan tetap berguna untuk menjaga, hubungan antara brand dengan konsumen. Karena semakin banyak konsumen yang memilih untuk mengacu kepada opini publik atau testimonial sebelum membeli sebuah produk atau menggunakan suatu jasa.

4. Forum Diskusi

Forum diskusi adalah salah satu jenis media sosial pertama yang ada pada masa awal internet. Jauh sebelum pengguna internet menggunakan Facebook, mereka berkumpul dalam forum diskusi.

5. Social Publishing Platforms

Social publishing platforms adalah blog dan microblog, di mana artikel yang ditulis dapat dibagikan ke sesama pengguna. Platforms ini terbagi mulai dari yang sosiäl media yang digunakan untuk interaksi real time seperti Twitter yang masuk dalam kategori microblogging. Sementara Medium dan Tumblr yang masuk dalam kategori interactive social publishing, berbeda dengan WordPress dan Blogger yang merupakan traditional blogging platforms.

6. Bookmarking Sites

Bookmarking sites adalah web services. Pengguna menggunakan layanan ini untuk mengumpulkan konten dari berbagai sumber lalu menyimpannya di dalam sebuah akun media sósial.

7. Interest Based Networks

Sosial media ini memberikan kemudahan untuk mempertemukan sekumpulan orang dengan minat yang sama. Sosial media ini digunakan untuk membangun komunitas.

8. E-commerce

Sosial media yang memudahkan pengguna untuk melihat produk dan berbelanja secara online. Pengguna dapat menggunakan untuk menanyakan ketersedian produk, spesifikasi produk dan lainnya.

Tidak ada komentar