Artikel Baru

Mengenal Apa Itu Iklan PPC (Pay Per Click)

Mengenal Apa Itu Iklan PPC (Pay Per Click)

Internet merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang memiliki dampak serta hampir mengubah segala aspek dalam kehidupan manusia, termasuk dalam hal Marketing. Pay per Click adalah salah satu dari banyak cara pemasaran melalui internet. PPC merupakan sebuah program bisnis di internet yang membayar setiap klik iklan yang dipasang pada website atau blog.

Pada materi kali ini, kita akan mempelajari mengenai iklan per klik (PPC).

Mungkin bagi sebagian Anda yang ingin bisnis-nya go online sudah pernah mendengar iklan PPC. Model iklan seperti apakah itu? Bagaimana cara kerjanya? Apakah efektif bagi dunia Pemasaran ?

PPC dapat didefinisikan dari dua sudut pandang. Dari sisi pebisnis, PPC adalah strategi periklanan digital melalui situs, blog dan media sosial agar calon konsumen mau mengunjungi situs penjualan milik sang pebisnis. Sedangkan dari sisi publisher iklan, PPC adalah sumber pemasukan yang menguntungkan. Semakin banyak jumlah klik PPC yang dikunjungi, semakin besar pula komisi yang diperolehnya.

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya bayar per klik. PPC merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Nah, Google Adwords merupakan penyedia terbesar layanan iklan PPC dan PPM di dunia hingga saat ini, dengan pendapatan fantastis hingga milyaran US Dollar!

Iklan PPC telah ada lebih dari satu dekade. Istilah PPC datang  pada tahun 1990 ketika organisasi mulai bisnis di internet. Salah satu perusahaan yang mempelopori konsep PPC adalah goto.com, kemudian Yahoo mengambil alih pada tahun 2003.

Di dalam sebuah bisnis PPC ada tiga pihak yang terlibat di dalamnya, yakni:

1. Seorang blogger yang mempunyai website yang nantinya akan memasang script iklan yang telah diberikan perusahaan PPC.

2. Seorang pemilik produk (jasa atau non jasa) yang bekerjasama dengan perusahaan agar produknya diiklankan lewat iklan PPC.

3. Perusahaan PPC yang bertindak sebagai penghubung antara pemilik produk dan pemasang iklan PPC.

Untuk beriklan menggunakan PPC, beberapa langkah yang harus kita lakukan, yaitu:

1. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.

2. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.

3. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.

4. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.

5. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang di-klik.

Efektifitas dan Manfaat Menggunakan Google Adwords

Beriklan di internet menggunakan Google Adwords memiliki keunggulan tersendiri, beberapa di antaranya adalah:

1. Lebih Cepat Daripada SEO

Capek dengan SEO yang tidak juga membuahkan hasil? Dengan Adwords, iklan website Anda bisa langsung muncul di halaman pertama Google hanya dalam hitungan jam atau hari (selama tidak melanggar ketentuan layanan Adwords)

2. Tertarget dan Fleksibel

Selaku pengiklan, Anda bisa mengatur budget per hari, siapa yang hendak ditarget, dari negara mana, behavior-nya seperti apa, di jam dan hari apa saja.

3. Jangkauan Iklan yang Luas

Google memliki banyak network dengan trafik gila-gilaan: Youtube, Gmail, aplikasi Android, dll. Di luar itu, masih banyak blog dan website yang menjadi network partner dari Google, yang artinya mereka bersedia menampilkan iklan Anda yang “dioper” oleh Google.


Berikut jenis jenis pay per click berdasarkan tampilannya

1.Search Advertising

Tampilannya berupa barisan tulisan iklan di mesin pencarian Google yang ditandai dengan logo Ad. Iklan yang tampil tentunya telah disesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda ketik di awal.

2.Social Advertising

Iklan biasa tampil di media sosial yang Anda gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Ada keterangan berupa tulisan “shop now” atau “click link” untuk memudahkan pengguna mencari info lebih lanjut.

3.Google Shopping

Saat mengetik pencarian produk di Google, Anda akan menemukan deretan kotak yang menampilkan gambar, nama dan harga produk. Itulah tampilan Google Shopping.

4.Remarketing

Iklan yang tampil di situs yang Anda kunjungi, muncul kembali di situs lain dan bahkan di feed media sosial. Remarketing bertujuan mengingatkan Anda untuk kembali mengunjungi situs pemilik iklan tersebut.

5.Display Advertising

Iklan akan tampil di semua situs partner Google. Target konsumen dapat diatur pada iklan ini.

1 komentar:

  1. PPC Packages - Are you a startup or not getting quality leads from your website? If yes then PPC is one of the best ways to resolve this problem. PPC (Pay per click) is a paid marketing system that helps you to get more quality leads, website traffic, sales, and revenue. This is also known as paid marketing or paid search engine marketing. Google, Yahoo, and Bing are the search engine that provides PPC services, and some social media platforms such as Facebook, Linkedin, Twitter, etc. also offer these services. In PPC, advertiser means businesses have to pay for each click to the paid marketing system. If you are looking for PPC services then you have to buy PPC packages. Pay-per-click (PPC) packages come with a lot of benefits at a low cost. Logicwebsoft Technology is one of the best PPC company that is providing PPC services in India and PPC packages in India at affordable prices all over the world. We help you with Google Ads accounts from scratch to end such as setup, keyword research, bid management, campaign optimization, ad copywriting, location management and targeting, account optimization, conversion optimization, reducing CPA, CPC, and so on.. For more information: PPC Services

    BalasHapus