Artikel Baru

Mengenal Apa Itu Google Adwords

Mengenal Apa Itu Google Adwords

Apa itu Google Adwords? Barang kali pertanyaan ini sering sekali diajukan oleh klien yang ingin memulai pemasaran barang maupun jasanya di Media Online. 

Iklan Google Adwords adalah platform untuk periklanan yang disediakan oleh Google, dimana kita dapat mengatur iklan dari bisnis kita secara online. Biasanya, jika masyarakat ingin mencari sebuah barang maupun jasa, mereka cenderung mencari informasi tersebut secara online di internet. Nah, disinilah bagian para pebisnis online yang ingin mengambil alih kesempatan tersebut untuk bisa tampil di halaman utama Google.

Iklan Adwords memungkinkan Anda untuk menetapkan target calon pelanggan berdasarkan kata kunci, topik, lokasi Audiensi, hingga waktu tayang iklan. Anda juga dapat membuat budget sesuai dengan kemampuan bisnis yang Anda kelola. Disini, para pebisnis harus menetapkan beberapa kata kunci yang akan dilelang (bidding) untuk muncul di halaman pertama Google. Pembuat iklan akan membayar Google untuk setiap iklan yang di klik oleh user.

Dari banyaknya mesin pencari, mengapa Anda harus menggunakan Google AdWords? Sebab Google menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Google saat ini menguasai pangsa pasar mesin pencari secara global sebesar 92,74 persen, disusul oleh Yahoo (2,32 persen) dan Bing (2,17 persen).

Di Indonesia sendiri, penguasaan pangsa pasar mesin pencari oleh Google lebih besar, yaitu sebesar 97,09 persen. Yahoo dan Bing hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar masing-masing 1,66 persen dan 0,77 persen di Indonesia. Artinya iklan Anda kemungkinan besar akan dilihat lebih banyak orang jika menggunakan paid search dari Google.

Setiap iklan yang dipasang harus memiliki relevansi dengan kata kunci yang sudah disiapkan jika ingin mendapatkan konversi dari iklan Anda. Mungkin, beberapa kata kunci yang tidak relevan dengan bisnis Anda akan menyebabkan iklan Anda tidak tampil secara maksimal. Tapi, selama ini kami telah menemukan bahwa Google AdWords sangat efektif untuk banyak jenis bisnis, selama mereka tidak membuang-buang uang untuk kata kunci yang salah, atau menulis iklan yang tidak relevan dengan kata kunci.

Selain iklan berbayar di hasil pencarian, Google AdWords akan membantu Anda untuk mengiklankan bisnis Anda di website dan aplikasi partner Google. Jadi Google juga akan menampilkan iklan Anda kepada orang yang sudah membuka iklan Anda, tapi belum melakukan pembelian. Orang tersebut akan melihat iklan Anda di website dan aplikasi lain yang ia buka. Proses ini disebut sebagai remarketing yang fungsinya untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan.


Sumber : 

https://rectmedia.com/apa-itu-google-adwords-dan-bagaimana-cara-memasang-iklan-di-google-adwords/

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-google-adwords/#Apa_Itu_Google_AdWords

Tidak ada komentar